Selasa, Mei 28

TULISAN (softskill) : Sejarah Tari di Indonesia


                            Tari Jaipong
                           
 
 
 Tari Jaipong adalah seni tari yang lahir dari kreativitas seorang seniman asal Bandung, Gugum Gumbira. Ia terinspirasi pada kesenian rakyat yang salah satunya adalah Ketuk Tilu menjadikannya mengetahui dan mengenal betul perbendaharan pola-pola gerak tari tradisi yang ada pada Kliningan atau Bajidoran atau Ketuk Tilu. Sehingga ia dapat mengembangkan tarian atau kesenian yang kini di kenal dengan nama Jaipongan.
 
SEJARAH TARI JAIPONG
 
Karya Jaipongan pertama yang mulai dikenal oleh masyarakat adalah tari “Daun Pulus Keser Bojong” dan “Rendeng Bojong” yang keduanya merupakan jenis tari putri dan tari berpasangan (putra dan putri). Awal kemunculan tarian tersebut semula dianggap sebagai gerakan yang erotis dan vulgar, namun semakin lama tari ini semakin popular dan mulai meningkat frekuensi pertunjukkannya baik di media televisi, hajatan, maupun perayaan-perayaan yang disenggelarakan oleh pemerintah atau oleh pihak swasta.
 
 
C. PERKEMBANGAN TARI JAIPONG
 
Dari tari Jaipong ini mulai lahir beberapa penari Jaipongan yang handal seperti Tati Saleh, Yeti Mamat, Eli Somali, dan Pepen Dedi Kirniadi. Kehadiran tari Jaipongan memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap para pencinta seni tari untuk lebih aktif lagi menggali jenis tarian rakyat yang sebelumnya kurang di perhatikan. Dengan munculnya tari Jaipongan ini mulai banyak yang membuat kursus-kursus tari Jaipongan, dan banyak dimanfaatkan oleh para pengusaha untuk pemikat tamu undangan.
Di Subang Jaipongan gaya “Kaleran” memiliki ciri khas yakni keceriaan, erotis, humoris, semangat, spontanitas, dan kesederhanaan. Hal itu tercermin dalam pola penyajian tari pada pertunjukannya, ada yang diberi pola (Ibing Pola) seperti pada seni Jaipongan yang ada di Bandung, juga ada pula tarian yang tidak dipola (Ibing Saka), misalnya pada seni Jaipongan Subang dan Karawang. Istilah ini dapat kita temui pada Jaipongan gaya kaleran, terutama di daerah Subang.
Tari Jaipongan pada saat ini bisa disebut sebagai salah satu tarian khas Jawa Barat, terlihat pada acara-acara penting kedatangan tamu-tamu dari Negara asing yang datang ke Jawa Barat, selalu di sambut dengan pertunjukkan tari Jaipongan. Tari Jaipongan ini banyak mempengaruhi pada kesenian-kesenian lainnya yang ada di Jawa Barat, baik pada seni pertunjukkan wayang, degung, genjring dan lainnya yang bahkan telah dikolaborasikan dengan Dangdut Modern oleh Mr. Nur dan Leni hingga menjadi kesenian Pong-Dut.
 
 
 
BENTUK PENYAJIAN dan CIRI KHAS
 
Ciri khas Jaipongan gaya kaleran, yakni keceriaan, erotis, humoris, semangat, spontanitas dan kesederhanaan (alami/apa adanya). Hal itu tercermin dalam pola penyajian taxi pada pertunjukkannya, ada yang diberi pola (Ibing Pola) seperti pada seni Jaipongan yang ada di Bandung, juga ada tarian yang tidak dipola (Ibing Saka), misalnya pada Seni jaipongan Subang dan Karawang. Istilah ini dapat kita temui pada Jaipongan gaya Kaleran, terutama di daerah Subang. Dalam penyajiannya, Jaipongan gaya kaleran ini sebagai berikut : 1) Tatalu ; 2) Kembang Gadung 3) Buah Kawung Gopar ; 4) Tari Pembukaan (Ibing Pola), biasanya dibawakan oleh penari tunggal atau Sinde Tatandakan (seorang Sinden tetapi tidak menyanyi melainkan menarikan lagu sinden/juru kawih); 5) Jeblokan dan Jabanan, merupakan bagian pertunjukkan ketika para penonton (Bajidor) sawer uang (Jabanan) sambil salam temple. Istilah Jeblokan diartikan sebagai pasangan yang menetap antara sinden dan penonton (bajidor). 
 
 
Perkembangan selanjutnya dari Jaipongan terjadi pada tahun 1980-1990-an, dimana Gugum Gumbira menciptakan tari lainnya seperti Toka-toka, Setra Sari, Sonteng, Pencug, Kuntul Man gut, Iring-firing Daun Puring, Rawayan dan Tari Kawung Anten. Dari taritarian tersebut muncul beberapa penari Jaipongan yang handal antara lain Iceu Effendi, Yumiati Mandiri, Miming Mintarsih, Nani, Erna, Mira Tejaningrum, Ine Dinar, Ega, Nuni, Cepi, Agah, Aa Suryabrata dan Asep Safaat.
 
 
 http://taridaerah07.abatasa.co.id/post/detail/25146/sejarah-tari-jaipong.html

TULISAN (softskill) : Kartun yang fenomenal

10 Kartun yang fenomenal di Indonesia

Kartun merupakan salah satu program TV yang sangat digemari berbagai kalangan, mulai dari anak kecil sampai dewasa. Anda tentu memiliki kartun kesukaan yang selalu Anda semasa kecil atau bahkan saat sudah dewasa sekali pun. Berikut adalah sepuluh kartun yang masih atau sempat fenomenal di Indonesia.

1. Sailor moon

Menceritakan tentang lima gadis dengan kekuatan super untuk membasmi kejahatan di muka bumi. Karakter kartun ini diciptakan oleh seniman manga Jepang, Naoko Takeuchi. Kartun ini menceritakan tentang petualangan Usagi dan teman-teman Sailor Moonnya untuk melawan musuh-musuh yang datang dari kegelapan.

2. Pokemon
 
Wah.. Pokemon! Kartun ini berasal dari permainan game Nintendo yang diciptakan oleh Satoshi Tajiri pada 1995 dan kemudian diperluas menjadi kartun dan film. Kartun Pokemon menceritakan tentang seorang anak laki-laki, Ash Ketchum, yang hobi mengoleksi serangga.

3. Doraemon

Kebanyakan kartun Jepang memang berawal dari manga atau komik Jepang. Doraemon merupakan manga yang dikarang oleh Fujiko F. Fujio sejak tahun 1969. Kartun ini tentu sangat fenomenal di Indonesia karena serinya kok tidak habis-habis ya. Ternyata program serial anak ini telah ada di Indonesia sejak tahun 1962, lebih tepatnya pertama kali diputar di TVRI.
Â
4. Popeye, Si Pelaut

Akulah Popeye si Pelaut..tut..tut! Elzie Crisler Segar berhasil membuat sebuah karakter kartun yang unik dan menarik. Kartun ini menceritakan kehidupan Popeye yang berpasangan dengan Olive Oyl dan memiliki keponakan laki-laki bernama Peepeye, Pupeye, Pipeye, dan Poopeye. Tokoh jail di kartun ini adalah Brutus yang suka menculik pacar Popeye. Bayam merupakan makanan super yang membuat Popeye selalu menang dari Brutus.

5. Scooby Doo

Program animasi TV Amerika yang telah mendunia dan bahkan dibuat versi film yang diperankan manusia. Menceritakan tentang petualangan misteri yang dilakukan oleh empat remaja dan seekor anjing kocak yakni Fred "Freddie" Jones, Daphne Blake, Velma Dinkley, dan Norville "Shaggy" Rogers.

6. Dragon Ball

Anime Jepang memang berjaya di dunia kartun dan animasi dunia. Dragon Ball termasuk salah satu kartun yang fenomenal di Indonesia. Meski seringkali diulang-ulang pada seri yang sama, kita seperti tidak bosan untuk melihatnya lagi. Petualangan Goku dari kecil hingga berkeluarga tidak membuat kita jenuh untuk menyaksikan episode-episode berikutnya.

7. Tom and Jerry
Serial kartun Tom and Jerry menceritakan tentang seekor kucing 'Tom' dan seekor tikus kecil 'Jerry' yang selalu bertengkar. Alur cerita kartun ini terpusat pada keusilan Jerry dan kesialan Tom yang ingin sekali memakan tikus kecil itu.

8. SpongeBob SquarePants

Tokoh SpongeBob merupakan karakter fiksi milik Nickelodeon yang ditayangkan di seluruh dunia. Menceritakan tentang kehidupan spons laut yang lucu dan aneh. Dia selalu memikirkan dan melakukan hal-hal konyol dan mustahil yang membuat penonton sering geleng-geleng sendiri.

9. Crayon Shin-chan

Serial kartun Jepang karya Yoshito Usui ini bercerita tentang kehidupan bocah laki-laki berusia lima tahun. Anak ini sangat usil dan suka membuat ulah yang membuat orang tuanya geram. Bahkan, Shin-chan terkenal sangat genit dan suka merayu perempuan dewasa yang cantik. 

10. Detective Conan

Serial kartun anak dan dewasa yang menceritakan tentang kehidupan detektif dan pemecahan kasus-kasus misteri pembunuhan. Kartun ini sudah mendunia dan ditulis oleh Gōshō Aoyama. Selain menegangkan dan seru, kartun ini juga dibumbui dengan kisah asmara dari tokoh utama pria 'Shinichi Kudo' dan tokoh utama wanita 'Ran Mouri'.

Kartun-kartun ini mengingatkan kita tentang pengalaman masa kecil, khususnya serial anak yang populer saat itu. Beberapa kartun di atas juga masih tayang dan bahkan sudah ada serial TV versi manusianya lho.


Sumber :  http://www.merdeka.com/dunia/10-kartun-yang-fenomenal-di-indonesia.html

 

TULISAN (softskill) : Lirik Lagu Ft Island

             
                         SEVERLY
      

 
amu pyojeong eobshi amureoh-ji anhke keureohke neol bonaejugil
mae-il yeonseubhaebwahdo eosaekhagiman ha-go

(Membiarkanmu pergi tanpa sedikit ekspresi, seolah-olah ini bukan apa-apa -
Ku berlatih melakukannya setiap hari tapi masih canggung)

useumeul boimyeo mollae uneun beopdo mae-il yeonseubhae bwaht-jiman
tteollineun moksorie keumsae deul-gil keonman gata

( Ku juga berlatih bagaimana menyembunyikan tangis saat tersenyum, tapi
 Ku merasa seperti suaraku menggigil kan berterus terang dengan cepat)


sarang-haneun geot bodan ibyeol haneun ge
ama sucheon bae suman bae-neun himdeunde
neo eobshi mot saneun paboinde eocheora-go

( Mencintai mungkin ratusan dan ribuan kali lebih sulit dari pada memutuskan
api aku orang bodoh yang tak bisa hidup tanpamu – apa yang kau ingin aku lakukan)

 
jidokha-ge neomu jidokha-ge neoreul sarang-hae-nna bwah
sumdo mot shwiigo neoman channeunde dodaeche eonjecheum keuman dul su i-nneunji
jidokha-ge neomu jidokha-ge neoman sarang-hae-nna bwah
neol bonaegi-ga nae-gen jukgiboda deo himdeun jidokhan ilin geot kata

( Sungguh, aku duga aku mencintaimu terlalu sunguh-sungguh
  Ku pun tak bisa bernafas dan ku lihat kesekelilingmu
  Ku tak tahu kapan aku kan mampu berhenti
  Sungguh, aku duga aku mencintaimu terlalu sunguh-sungguh
  Aku pikir membiarkanmu pergi ini lebih berat daripada mati)

amuri apado amureoh-ji anhke keureohke harureul bonaegil
keujeo iksu-khae jigil mae-il yeonseubhae bwaht-jiman

( Tak peduli betapa terlukanya ini, setiap hari ku berlatih
Mencoba tuk dapat habiskan hari seolah ini tak ada apa-apa )

eochapi neoreuri-jjin mothal keot kata
kochil su eom-neun byeonge apeuda haedo
neo eobshi mossaneun paboinde eocheora-go

( Aku tak berpikir ku bisa melupakanmu bagaimanapun
  Jika aku pun sakit dengan penyakit yang tak bisa disembuhkan
  Aku orang bodoh tolol yang tak bisa hidup tanpamu – apa yang kau ingin aku lakukan? )


jidokha-ge neomu jidokha-ge neoreul sarang-hae-nna bwah
sumdo mot shwiigo neoman channeunde dodaeche eonjecheum keuman dul su i-nneunji
jidokha-ge neomu jidokha-ge neoman sarang-hae-nna bwah
neol bonaegi-ga nae-gen jukgiboda deo himdeun jidokhan ilin geot kata

( Sungguh, aku duga aku mencintaimu terlalu sunguh-sungguh
Ku pun tak bisa bernafas dan ku lihat kesekelilingmu
Ku tak tahu kapan aku kan mampu berhenti
Sungguh, aku duga aku mencintaimu terlalu sunguh-sungguh
Aku pikir membiarkanmu pergi ini lebih berat daripada mati )


charari ireol keomyeon sarangjocha mal-keol
eonjecheumen ijeul-kka

( Jika ini harus terjadi, aku tak akan mencintai
   Kapan ku kan melupakanmu? )

miryeonha-ge neomu miryeonha-ge neoman sarang hae-nna bwah
dareun sarangeun kkumdo mot kkuge haneun neoman
neobakke moreuneun paboinde eocheora-go

( Dengan bodohnya, aku duga aku mencintaimu dengan begitu bodohnya
Karena dirimu, ku tak bisa memimpikan cinta yang lain
Aku orang bodoh yang hanya tahu dirimu – apa yang kau ingin lakukan padaku?)


jidokha-ge neomu jidokha-ge neowah ibyeorhana bwah
jal karan mari mwo-ga eoryeowo iptul-jocha tteji motha-go meomutkeoryeo
jidokha-ge neomu jidokha-ge neoreuribyeorhana bwah
hyungteoboda deo gipi gaseume nama neoreul ji-ul su eopseul keot kata

( Sungguh, aku duga kita putus dengan sungguh-sungguh
  Apa begitu sulit mengucapkan selamat tinggal, ku tak bisa membuka mulutku dan ku ragu?
  Sungguh, aku duga kita putus dengan sungguh-sungguh
  Bekasmu lebih dalam dari luka di hatiku, jadi ku tak bisa menghapusmu )


Sumber :  http://furahasekai.wordpress.com/2012/02/11/f-t-island-severely-lyrics-indonesia-translation/

TULISAN (softskill) : Biodata GIrlsband Korea

                                     DALSHABET


Dal Shabet (달샤벳) atau ditulis Dal★Shabet adalah Girl Band yang dibuat oleh E-Tribe (produser rekaman yg terdiri dari Ahn Myung-won and Kim Young-deuk/ED) dibawah manajemen label Happy Face Entertainment. Dal Shabet terdiri dari 6 anggota gadis cantik yaitu Viki, Serri, Ah Young, Jiyul, GaEun, Subin.

Dal Shabet memulai debut nya pada awal tahun 2011 tepatnya 3 Januari dengan merilis lagu berjudul "Supa Dupa Diva" yang dipromosikan selama kurang lebih 3 bulan di Music Bank, Music Core and Inkigayo. Lagu dan Koreugrafi Dal Shabet berhasil menjadi lagu terpopuler 2011 di M! Countdown. 14 April 2011 Dal Shabet merilis single ke 2 berjudul "Pink Rocket"

2 Agustus 2011 Dal Shabet mengumumkan Comeback mereka di Music Bank, Music Core and Inkigayo dengn rilis single ke tiga berjudul "Bling Bling". Rilis Full Album diikuti oleh pembuatan "Dal★Shabet’s First Story" yang terdiri dari lebih 1000 foto dan DVD khusus anggota Dal★Shabet.


Member Dal★Shabet:

Real Name: Park Miyeon (박미연) / Serri
Birthday: 16 September 1990
Position: Main Vocalist, Lead Dancer, Leader
Height: 165.5cm
Weight: 48kg
Blood Type: B
School: Dong Duk Women’s University
Hobbies & Skills: Dancing, listening to music
Other: Was a live backup dancer for Nassun & G.O’s “O-WI-O”.
Was a model in the music video “Very Good” by ONE TWO.

Real Name: Cho Ja Young (조자영) / Ah Young
Birthday: 26 May 1991
Position: Vocalist
Height: 166.6cm
Weight: 47kg
Blood Type: O
School: Dong Duk Women’s University
Hobbies & Skills: Exercise, studying Greek & Roman Myths, singing, dancing, movies
Other: Had a part in the musical ‘Nonsense’, Had a part in the play ‘Amnesia Nurse’.

Real Name: Yang Jung Yoon (양정윤) / Jiyul
Birthday: 30 July 1991
Position: Vocalist, Lead Dancer, Visual
Height: 165.6cm
Weight: 51kg
Blood Type: AB
School: Dong Duk Women’s University
Hobbies & Skills: Studying English, dance, street dance
Other: Fluent in English, MC'd the red carpet at the 2011 MBC Gayo Daejun, Was a live backup dancer for Nassun & G.O’s “O-IWI-O”, Was the actress in 4MEN & MI's "That Man, That Woman".

Real Name: Cho Ga Eun (조가은) / GaEun
Birthday: 28 July 1992
Position: Vocalist, Rapper
Height: 172cm
Weight: 47kg
Blood Type: A
School: Myungil High School for Girls
Hobbies & Skills: Working, viewing magazines
Other: Model for Project Runway Korea, Ceci Magazine and Suecomma Bonnie show in 2010.
Was an extra in 2PM & SNSD’s ‘Caribbean Bay’ CF in 2010.

Real Name: Park Subin (박수빈)
Birthday: 12 February 1994
Position: Maknae, Lead Vocalist
Height: 174cm
Weight: 50kg
Blood Type: AB
School: Chuncheon Entertainment Arts High School
Hobbies & Skills: Taking pictures, walking, singing
Other: Has a modeling contract with GV2.
Was a model in Taeyang’s “I Need A Girl” music video.
Was a model in Seoul and lived alone, despite being only 15.

Real Name: Bae Woohee (배우희)
Birthdate: November 21, 1991
Height: 164cm
Blood Type: AB
Education: Dongah Institute of Media and Art
Hobbies: Writing letters and jump roping
Specialties: Singing and dancing
Dal Shabet New Member
Past Experience:
2009 Dance Festival Grand Prize
2009 Seoul Youth Cultural Respect Contest Grand Prize.
12th Annual Nationwide Aerobic Contest Hip Hop Genre Grand Prize

--------------------------------------------------
Former Member

Real Name: Kang Eun Hye (강은혜) / Viki /Victoria
Birthday: 3 March 1988
Height: 172cm
Weight: 50kg
Blood Type: AB
School: Dong Duk Women’s University
Hobbies & Skill: Movies, sing & dance, rap
Other: Former A-Force member, Was in the original Nine Muses line-up, Star Empire Entertainment trainee for five years, backup dancer for Seo In Young, Jewelry and VOS, model in the music video “Very Good” by ONE TWO.
 
 
 
Sumber : http://www.koreaindo.net/2012/01/profil-dan-biodata-dal-shabet.html

TULISAN (softskill) : Manfaat Buah






Manfaat Strawberry
                                

Manfaat Strawberry Untuk Kulit Dan Juga Wajah

Kandungan beragam vitamin yang ada didalam buah strawberry, termasuk juga kandungan vitamin C yang cukup tinggi, merupakan salah satu contoh manfaat strawberry. Vitamin-vitamin tersebut sangat berguna untuk merawat kulit, mengencangkan kulit, dan juga menjaga kelembabannya. Tentu saja, untuk mendapatkan manfaat tersebut anda harus mengkonsumsi buah ini secara teratur dengan porsi yang sesuai dan tidak terlalu banyak. Selain itu, diketahui pula bahwa vitamin yang terdapat dalam buah strawberry juga bisa membantu anda dalam menghilangkan noda bekas jerawat di wajah secara alami. Tentu saja pilihan untuk mengkonsumsi buah ini jauh lebih baik jika dibandingkan dengan penggunaan bahan-bahan yang tidak alami, seperti krim penghilang noda, yang malah akan berakibat buruk kepada kesehatan setelah pemakaian jangka panjang.

Manfaat Strawberry Sebagai Antioksidan Alami


Manfaat strawberry lainnya adalah sebagai antioksidan alami. Pentingnya antioksidan merupakan satu topik yang sudah sejak lama dibicarakan, bukan hanya di dunia kecantikan tetapi juga di dunia kesehatan. Jika manfaat dari antioksidan dilihat dari segi kecantikan, secara umum dapat dikatakan bahwa antioksidan membantu anda untuk tetap tampil muda karena kulit anda sehat. Tentu saja, hal semacam ini dapat dikatakan sebagai anti penuaan dini.
Dengan mendapatkan manfaat dari buah yang berasa sedikit asam dan segar ini, anda tak perlu lagi mengkonsumsi obat-obat anti penuaan dini, maupun menggunakan krim wajah yang dianggap bisa menghilangkan kerutan sehingga anda bisa tampil lebih muda.
Bagaimanapun, sesuatu yang alami jauh lebih baik untuk anda pilih dibandingkan dengan sesuatu yang tidak alami. Yang menjadikan strawberry menjadi jauh lebih bermanfaat adalah bahwa kandungan antioksidan alaminya juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan dan memerangi beberapa penyakit berbahaya, termasuk kanker. Untuk kegunaaan semacam ini, tentu saja konsultasi dengan pihak kesehatan perlu dilakukan terlebih dahulu. 


Sumber :  http://ratu-agung.blogspot.com/2012/12/manfaat-strawberry-bagi-kecantikan-kaum.html

TULISAN (softskill) : Mantan Penyanyi Cilik di Indonesia

           Mantan Penyanyi Cilik di Indonesia






1. Joshua
 

Sebagai seorang mantan penyanyi cilik, Joshua menjadi salah satu nama yang berhasil bertahan. Tapi tentu wajah imutnya kini sudah berubah.


2. Chiquita Meidy
 

Dulu siapa yang tak kenal dengan Chiquita Meidy, yang antara lain membawakan lagu daerah 'Kampuang Nan Jauh di Mato'? Kini sosok Chiquita pun sudah dewasa.
Pernah muncul lagi pada 2008 lalu, Chiquita kini memilih untuk kerja di balik layar. Ia punya impian membangkitkan lagi generasi emas penyanyi cilik.

3. Meissy

"Jumpa lagi, jumpa Meissy di sini," itu penggalan lagu yang menjadi jagoan untuk Meissy di era 90-an. Setelah nge-hits dengan lagu tersebut, nama Meissy pun semakin sering menghiasi layar kaca.
Sayangnya, kini namanya kian tenggelam seiring berkembang zaman. Meissy pun dikabarkan sudah tak berniat lagi terjun ke jagad hiburan Indonesia.

4. Bondan Prakoso

Sebelum terkenal dengan Bondan Prakoso & Fade To Black, sosok Bondan sudah duluan terkenal sebagai penyanyi cilik. Bondan sempat nge-hits dengan lagu 'Si Lumba-lumba'.
5. Enno Lerian

Enno Lerian sepertinya menjadi sosok yang paling heboh saat era 90-an. Dengan lagu 'Si Nyamuk Nakal', 'Si Dakocan' dan 'Du Di Dam' namanya pun menjadi jajaran top penyanyi cilik.
Kini, Enno masih tetap eksis di jagad hiburan, namun lebih banyak berkecimpung di layar kaca.


6. Tina Toon

Melejit dengan hits 'Bolo Bolo' nama Tina Toon menjadi salah satu idola anak-anak era 90-an. Menginjak remaja, Tina pun mengubah penampilannya menjadi lebih dewasa.
Tina memang seperti sengaja untuk menghilangkan image anak-anak yang selama ini melekat padanya.

7. Trio Kwek Kwek

Trio Kwek Kwek yang terdiri dari Dhea Ananda, Leony dan Alfandy. Mereka menjadi salah satu pioner bagi trio anak-anak. Nama mereka pun melegenda pada saat itu.
8. Saskia

Sukses dengan duetnya bersama Geofanny, Saskiamenjadi salah satu 'diva' di panggung bintang cilik. Kini, seiring bertambah umur Saskia pun mulai merintis karier di dunia hiburan.
9. Geofanny

Setelah sukses dengan duetnya bersama Saskia, nama Geofanny seperti hilang ditelan bumi. Ternyata, kini ia fokus ke bisnis yang bergerak di dunia model.

10. Agnes Monica

Wajah cantik Agnes Monica memang sudah terpancar sejak kecil. Saat muncul dengan lagu 'Bala Bala' pun ia terlihat sangat imut.



Sumber :  http://terselubung.blogspot.com/2013/03/10-wajah-artis-mantan-penyanyi-cilik.html

TULISAN (softskill) : Tentang Kendedes ( Cerita Sejarah )



                              KENDEDES 

          




Ken Dedes adalah nama permaisuri dari Ken Arok pendiri Kerajaan Tumapel (Singhasari). Ia kemudian dianggap sebagai leluhur raja-raja yang berkuasa di Jawa, nenek moyang wangsa Rajasa, trah yang berkuasa di Singhasari dan Majapahit. Tradisi lokal menyebutkan ia sebagai perempuan yang memiliki kecantikan luar biasa, perwujudan kecantikan yang sempurna.

Perkawinan Pertama
 
Menurut Pararaton, Ken Dedes adalah putri dari Mpu Purwa, seorang pendeta Buddha dari desa Panawijen. Pada suatu hari Tunggul Ametung akuwu Tumapel singgah di rumahnya. Tunggul Ametung jatuh hati padanya dan segera mempersunting gadis itu. Karena saat itu ayahnya sedang berada di hutan, Ken Dedes meminta Tunggul Ametung supaya sabar menunggu. Namun Tunggul Ametung tidak kuasa menahan diri. Ken Dedes pun dibawanya pulang dengan paksa ke Tumapel untuk dinikahi.
Ketika Mpu Purwa pulang ke rumah, ia marah mendapati putrinya telah diculik. Ia pun mengutuk barangsiapa yang telah menculik putrinya, maka ia akan mati akibat kecantikan Ken Dedes.


Perkawinan Kedua
 
Tunggul Ametung memiliki pengawal kepercayaan bernama Ken Arok. Pada suatu hari Tunggul Ametung dan Ken Dedes pergi bertamasya ke Hutan Baboji. Ketika turun dari kereta, kain Ken Dedes tersingkap sehingga auratnya yang bersinar terlihat oleh Ken Arok.
Ken Arok menyampaikan hal itu kepada gurunya, yang bernama Lohgawe, seorang pendeta dari India. Menurut Lohgawe, wanita dengan ciri-ciri seperti itu disebut sebagai wanita nareswari yang diramalkan akan menurunkan raja-raja. Mendengar ramalan tersebut, Ken Arok semakin berhasrat untuk menyingkirkan Tunggul Ametung dan menikahi Ken Dedes.
Maka, dengan menggunakan keris buatan Mpu Gandring, Ken Arok berhasil membunuh Tunggul Ametung sewaktu tidur. Yang dijadikan kambing hitam adalah rekan kerjanya, sesama pengawal bernama Kebo Hijo. Ken Arok kemudian menikahi Ken Dedes, bahkan menjadi akuwu baru di Tumapel. Ken Dedes sendiri saat itu sedang dalam keadaan mengandung anak Tunggul Ametung.
Keturunan Ken Dedes
Lebih lanjut Pararaton menceritakan keberhasilan Ken Arok menggulingkan Kertajaya raja Kadiri tahun 1222, dan memerdekakan Tumapel menjadi sebuah kerajaan baru. Dari perkawinannya dengan Ken Arok, lahir beberapa orang anak yaitu, Mahisa Wonga Teleng, Panji Saprang, Agnibhaya, dan Dewi Rimbu. Sedangkan dari perkawinan pertama dengan Tunggul Ametung, Ken Dedes dikaruniai seorang putra bernama Anusapati.
Seiring berjalannya waktu, Anusapati merasa dianaktirikan oleh Ken Arok. Setelah mendesak ibunya, akhirnya ia tahu kalau dirinya bukan anak kandung Ken Arok. Bahkan, Anusapati juga diberi tahu kalau ayah kandungnya telah mati dibunuh Ken Arok.
Maka, dengan menggunakan tangan pembantunya, Anusapati membalas dendam dengan membunuh Ken Arok pada tahun 1247.


Keistimewaan Ken Dedes
 
Tokoh Ken Dedes hanya terdapat dalam naskah Pararaton yang ditulis ratusan tahun sesudah zaman Tumapel dan Majapahit, sehingga kebenarannya cukup diragukan. Namanya sama sekali tidak terdapat dalam Nagarakretagama atau prasasti apa pun. Mungkin pengarang Pararaton ingin menciptakan sosok leluhur Majapahit yang istimewa, yaitu seorang wanita yang bersinar auratnya.
Keistimewaan merupakan syarat mutlak yang didambakan masyarakat Jawa dalam diri seorang pemimpin atau leluhurnya. Masyarakat Jawa percaya kalau raja adalah pilihan Tuhan. Ken Dedes sendiri merupakan leluhur raja-raja Majapahit versi Pararaton. Maka, ia pun dikisahkan sejak awal sudah memiliki tanda-tanda sebagai wanita nareswari. Selain itu dikatakan pula kalau ia sebagai seorang penganut Buddha yang telah menguasai ilmu karma amamadang, atau cara untuk lepas dari samsara.
Dalam kisah kematian Ken Arok dapat ditarik kesimpulan kalau Ken Dedes merupakan saksi mata pembunuhan Tunggul Ametung. Anehnya, ia justru rela dinikahi oleh pembunuh suaminya itu. Hal ini membuktikan kalau antara Ken Dedes dan Ken Arok sesungguhnya saling mencintai, sehingga ia pun mendukung rencana pembunuhan Tunggul Ametung. Perlu diingat pula kalau perkawinan Ken Dedes dengan Tunggul Ametung dilandasi rasa keterpaksaan.


Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Ken_Dedes


TULISAN (softskill) : Bangunan Bersejarah di Indonesia

 

 

 BANGUNAN BERSEJARAH DI INDONESIA

 

Indonesia banyak bangunan yang menyimpan nilai historis yang luhur, namun sebelas objek di bawah ini juga memiliki nilai arsitektur yang sangat tinggi.
Banyak mata yang sudah mengakui keindahan dan kemegahannya. Bila Anda sedang berlibur ke suatu daerah, tentunya tidak ingin melewatkan kesempatan untuk melihat bangunan, jembatan, mesjid atau berbagai peninggalan bersejarah lainnya, yang menjadi trade mark daerah tersebut.

 

 

1. Istana Maimun

Istana Maimun telah dinobatkan sebagai bangunan terindah di Kota Medan, Sumatera Utara. Terletak di kawasan Jl. Brigjen Katamso, istana megah ini selesai dibangun sekitar tahun 1888 dan merupakan warisan dari Sultan Deli Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah. Sapuan warna kuning pada gedung ini merupakan warna khas Melayu.

Arsitekturnya yang unik adalah daya tarik utama dari Istana Maimun. Pengaruh Eropa terlihat jelas pada balairung atau ruang tamu, jendela, pintu dan sebuah prasasti di depan tangga yang bertuliskan huruf Latin, berbahasa Belanda. Sedangkan, ciri Islam muncul pada atapnya yang bergaya Persia yang melengkung, style yang banyak dijumpai pada bangunan-bangunan di kawasan Timur Tengah.

Bagian dalam Istana Maimun juga menarik untuk disusuri. Di balik dinding-dindingnya yang kokoh, terdapat puluhan kamar yang tersebar di dua lantai. Kemegahan pun terlihat pada singgasana, lampu kristal Eropa, kursi, meja maupun lemari. Foto-foto keluarga, senjata-senjata kuno, termasuk ruang penjara, juga ada di istana ini. Walaupun masih menyimpan benda-benda bernilai sejarah, Istana Maimun masih membolehkan wisatawan untuk berkunjung dan menikmati kemegahan sekaligus menyelami kejayaan Kesultanan Deli masa lalu. 

 

2.  Mesjid Raya Medan

 

Mesjid Raya Medan yang berdiri angkuh tak jauh dari Istana Maimun adalah bangunan yang juga menjadi jejak kejayaan Deli. Dibangun pada tahun 1906, semasa pemerintahan Sultan Makmun Al Rasyid, mesjid ini masih berfungsi seperti semula, yaitu melayani umat muslim di Medan yang ingin beribadah.

Kubahnya yang pipih dan berhiaskan bulan sabit di bagian puncak, menandakan gaya Moor yang dianutnya. Seperti mesjid lainnya, sebuah menara yang menjulang tinggi terlihat menambah kemegahan dan religiusnya mesjid ini. Aplikasi lukisan cat minyak berupa bunga-bunga dan tumbuhan yang berkelok-kelok di dinding, plafon dan tiang-tiang kokoh di bagian dalam mesjid ini, semakin menunjukkan tingginya nilai seni mesjid ini. 

 

 

3.  Mesjid Istiqlal

Jakarta yang serba modern dan dipenuhi gedung kaca, ternyata masih memiliki bangunan bersejarah dengan desain yang indah, yaitu Mesjid Istiqlal. Rumah ibadah umat muslim yang megah ini telah lama menjadi salah satu landmark Jakarta. Kokoh berdiri di atas areal seluas 9,5 hektar dan berkapasitas hingga 8.000 orang, mesjid hasil karya arsitek Indonesia, F Silaban ini, pernah menjadi yang terbesar di Asia Tenggara, sekaligus menjadi kebanggaan umat muslim Ibukota dan Indonesia. Dibangun pada masa-masa awal kemerdekaan, mesjid ini memang melambangkan kemerdekaan, sesuai dengan arti dari nama yang disandangnya.
Mesjid Istiqlal mempunyai sebuah kubah raksasa berwarna putih yang bentuknya seperti bola dibelah dua. Layaknya mesjid lain di dunia, Mesjid Istiqlal ini juga dilengkapi sebuah menara yang tingginya menggambarkan jumlah ayat yang ada pada kitab suci Al Qur’an. Sebuah bedug raksasa ikut menambah keunikan mesjid ini. Ukurannya yang amat besar, menobatkan bedug ini sebagai bedug terbesar di Indonesia!



4.  Gedung Sate
 
Di Kota Bandung yang sejuk, Anda juga bisa menjumpai sebuah bangunan dengan arsitektur yang lain dari yang lain. Dibangun pada era kolonial Belanda, Gedung Sate, demikian gedung ini banyak disebut, merupakan salah satu daya tarik yang ada di Kota Kembang. Nama Gedung Sate sendiri muncul karena sebuah ornamen yang terlihat seperti tusuk sate di puncak menara utamanya.
Gedung Sate hasil rancangan Ir.J.Gerber, arsitek kenamaan lulusan Fakultas Teknik Delf Nederland dan timnya ini, selesai dibangun pada tahun 1924.

Bangunan ini mengadopsi gaya arsitektur era Renaissance Italia. Namun, pada bagian tengahnya terdapat menara bertingkat yang mirip dengan atap meru atau pagoda. Oleh sebab itulah, kalangan arsitek menilai bahwa Gedung Sate memiliki rancangan yang “berani beda” dan tak populer di zamannya.
Kini, di depan bangunan ini terdapat sebuah monumen untuk mengenang gugurnya para pejuang Jawa Barat saat mempertahankan Gedung Sate dari serangan pasukan Gurka. Setiap hari Minggu atau hari libur nasional, gedung ini selalu dipenuhi wisatawan.
Usai menikmati kemegahan gedung ini dari luar, Anda bisa menuju menaranya untuk menyaksikan benda-benda bersejarah. Atau bisa juga sekadar bersantai di kafe yang ada di gedung ini sambil menikmati suasana dan udara Kota Bandung yang sejuk dan segar.



5.  Taman Sari

Taman bunga yang indah. Begitulah kira-kira arti dari nama Taman Sari. Areal pemandian ini merupakan kompleks bangunan yang sangat indah dan menjadi aset Keraton Yogyakarta. Dibangun setelah Perjanjian Giyanti pada tahun 1755, tempat ini memang didesain sebagai tempat pengasingan diri Sultan Yogyakarta dan keluarganya dari hiruk pikuk dunia. Meskipun sempat luluh lantak terguncang gempa, saat ini Taman Sari sudah kembali terlihat cantik.
Taman Sari memang dirancang sedemikian rupa agar bisa menghadirkan ketenangan bagi siapapun yang berada di dalamnya. Bangunan ini juga mencerminkan style yang multikultur (Portugis, Belanda, Cina, Jawa, Hindu, Buddha, Nasrani, dan Islam). Kolam mungil dengan air mancurnya yang jernih dan pohon-pohon berbunga, menambah keasrian tempat ini. Sekaligus menjadikannya sebagai lokasi peristirahatan yang sempurna.


Sumber :  http://www.beritaunik.net/unik-aneh/11-bangunan-bersejarah-di-indonesia.html

TULISAN (softskill) : Sejarah Sunan Gunung Jati


                        Sunan Gunung jati


                          




1. Asal - Usul
Sebelum era Sunan Gunung Jati berdakwah di Jawa Barat. Ada seorang ulama besar dari Bagdad telah datang di daerah Cirebon bersama duapuluh dua orang muridnya. Ulama besar itu bernama Syekh Kahfi. Ulama inilah yang lebih dahulu menyiarkan agama Islam di sekitar daerah Cirebon.

Al-Kisah, putra Prabu Siliwangi dari Pajajaran bernama Pangeran Walangsungsang dan adiknya Rara Santang pada suatu malam mendapat mimpi yang sama. Mimpi itu terulang hingga tiga kali yaitu bertemu dengan Nabi Muhammad yang mengajarkan agama Islam.

Wajah Nabi Muhammad yang agung dan caranya menerangkan Islam demikian mempersona membuat kedua anak muda itu merasa rindu. Tapi mimpi itu hanya terjadi tiga kali.

Seperti orang kehausan, kedua anak muda itu mereguk air lebih banyak lagi, air yang akan menyejukkan jiwanya itu agama Islam. Kebetulan mereka telah mendengar adanya Syekh Dzatul Kahfi atau lebih muda disebut Syekh Datuk Kahfi yang membuka perguruan Islam di Cirebon. Mereka mengutarakan maksudnya kepada Prabu Siliwangi untuk berguru kepada Syekh Datuk Kahfi, mereka ingin memperdalam agama Islam seperti ajaran Nabi Muhammad SAW. Tapi keinginan mereka ditolak oleh Prabu Siliwangi.

Pangeran Walangsungsang dan adiknya nekad, keduanya melarikan diri dari istana dan pergi berguru kepada Syekh Datuk Kahfi di Gunung Jati. Setelah berguru beberapa lama di Gunung Jati, Pangeran Walangsungsang diperintahkan oleh Syekh Datuk Kahfi untuk membuka hutan di bagian selatan Gunung Jati. Pangeran Walangsungsang adalah seorang pemuda sakti, tugas itu diselesaikannya hanya dalam beberapa hari. Daerah itu dijadikan pendukuhan yang makin hari banyak orang berdatangan menetap dan menjadi pengikut Pangeran Walangsungsang. Setelah daerah itu ramai Pangeran Walangsungsang diangkat sebagai kepala Dukuh dengan gelar Cakrabuana. Daerahnya dinamakan Tegal Alang-alang.

Orang yang menetap di Tegal Alang-alang terdiri dari berbagai rasa atau keturunan, banyak pula pedagang asing yang menjadi penduduk tersebut, sehingga terjadilah pembauran dari berbagai ras dan pencampuran itu dalam bahasa Sunda disebut Caruban. Maka Legal Alang-alang disebut Caruban.

Sebagian besar rakyat Caruban mata pencariannya adalah mencari udang kemudian dibuatnya menjadi petis yang terkenal.

Dalam bahasa Sunda Petis dari air udang itu, Cai Rebon. Daerah Carubanpun kemudian lebih dikenal sebagai Cirebon hingga sekarang ini. Setelah dianggap memenuhi syarat, Pangeran Cakrabuana dan Rarasantang di perintah Datuk Kahfi untuk melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci. Di Kota Suci Mekkah, kedua kakak beradik itu tinggal di rumah seorang ulama besar bernama Syekh Bayanillah sambil menambah pengetahuan agama.

Sewaktu mengerjakan tawaf mengelilingi Ka’bah kedua kakak beradik itu bertemu dengan seorang Raja Mesir bernama Sultan Syarif Abdullah yang sama-sama menjalani Ibadah haji. Raja Mesir itu tertarik pada wajah Rarasantang yang mirip mendiang istrinya.

Sesudah ibadah haji diselesaikan Raja Mesir itu melamar Rarasantang pada Syekh Bayanillah. Rarasantang dan Pangeran Cakrabuana tidak keberatan. Maka dilangsungkanlah pernikahan dengan cara Mazhab Syafi’i. Nama Rarasantang kemudian diganti dengan Syarifah Mudaim. Dari perkawinan itu lahirlah Syarif Hidayatullah dan Syarif Nurullah.

Pangeran Cakrabuana sempat tinggal di Mesir selama tiga tahun. Kemudian pulang ke Jawa dan mendirikan Negeri Caruban Larang. Negeri Caruban Larang adalah perluasan dari daerah Caruban atau Cirebon, pola pemerintahannya menggunakan azas Islami. Istana negeri itu dinamakan sesuai dengan putri Pangeran Cakrabuana yaitu Pakungwati.

Dalam waktu singkat Negeri Caruban Larang telah terkenal ke seluruh Tanah Jawa, terdengar pula oleh Prabu Siliwangi selaku penguasa daerah Jawa Barat. Setelah mengetahui negeri baru tersebut dipimpin putranya sendiri, maka sang Raja tidak keberatan walau hatinya kurang berkenan. Sang Prabu akhirnya juga merestui tampuk pemerintahan putranya, bahkan sang Prabu memberinya gelar Sri Manggana.

Sementara itu dalam usia muda Syarif Hidayatullah ditinggal mati oleh ayahnya. Ia ditunjuk untuk menggantikan kedudukannya sebagai Raja Mesir, tapi anak muda yang masih berusia dua puluh tahun itu tidak mau. Dia dan ibunya bermaksud pulang ke tanah Jawa berdakwah di Jawa Barat. Kedudukan ayahnya itu kemudian diberikan kepada adiknya yaitu Syarif Nurullah.

Sewaktu berada di negeri Mesir, Syarif Hidayatullah berguru kepada beberapa ulama besar didaratan Timur Tengah. Dalam usia muda itu ilmunya sudah sangat banyak, maka ketika pulang ke tanah leluhurnya yaitu Jawa, ia tidak merasa kesulitan melakukan dakwah.

2. Perjuangan Sunan Gunung Jati

Sering kali terjadi kerancuan antara nama Fatahillah dengan Syarif Hidayatullah yang bergelar Sunan Gunung Jati. Orang menganggap Fatahillah dan Syarif Hidayatullah adalah satu, tetapi yang benar adalah dua orang. Syarif Hidayatullah cucu Raja Pajajaran adalah seorang penyebar agama Islam di Jawa Barat yang kemudian disebut Sunan Gunungjati.

Sedang Fatahillah adalah seorang pemuda Pasai yang dikirim Sultan Trenggana membantu Sunan Gunungjati berperang melawan penjajah Portugis.

Bukti bahwa Fatahillah bukan Sunan Gunungjati adalah makam dekat Sultan Gunungjati yang ada tulisan Tubagus Pasai Fathullah atau Fatahillah atau Faletehan menurut lidah orang Portugis. Syarif Hidayatullah dan ibunya Syarifah Muda’im datang di negeri Caruban Larang Jawa Barat pada tahun 1475 sesudah mampir dahulu di Gujarat dan Pasai untuk menambah pengalaman. Kedua orang itu disambut gembira oleh Pangeran Cakrabuana dan keluarganya. Syekh Datuk Kahfi sudah wafat, guru Pangeran Cakrabuana dan Syarifah Muda’im itu dimakamkan di Pasambangan. Dengan alasan agar selalu dekat dengan makam gurunya, Syarifah Muda’im minta agar diijinkan tinggal di Pasambangan atau Gunungjati.

Syarifah Muda’im dan putranya yaitu Syarif Hidayatullah meneruskan usaha Syekh Datuk Kahfi membuka Pesantren Gunungjati. Sehingga kemudian dari Syarif Hidayatullah lebih dikenal dengan sebutan Sunan Gunungjati.

Tibalah saat yang ditentukan, Pangeran Cakrabuana menikahkan anaknya yaitu Nyi Pakungwati dengan Syarif Hidayatullah. Selanjutnya yaitu pada tahun 1479, karena usianya sudah lanjut Pangeran Cakrabuana menyerahkan kekuasaan Negeri Caruban kepada Syarif Hidayatullah dengan gelar Susuhunan artinya orang yang dijunjung tinggi. Disebutkan, pada tahun pertama pemerintahannya Syarif Hidayatullah berkunjung ke Pajajaran untuk mengunjungi kakeknya yaitu Prabu Siliwangi. Sang Prabu diajak masuk Islam kembali tapi tidak mau. Mesti Prabu Siliwangi tidak mau masuk Islam, dia tidak menghalangi cucunya menyiarkan agama Islam di wilayah Pajajaran. Syarif Hidayatullah kemudian melanjutkan perjalanan ke Serang. Penduduk Serang sudah ada yang masuk Islam dikarenakan banyaknya saudagar dari Arab dan Gujarat yang sering singgah ke tempat itu.

Kedatangan Syarif Hidayatullah disambut baik oleh adipati Banten. Bahkan Syarif Hidayatullah dijodohkan dengan putri Adipati Banten yang bernama Nyi Kawungten. Dari perkawinan inilah kemudian Syarif Hidayatullah di karuniai orang putra
yaitu Nyi Ratu Winaon dan Pangeran Sebakingking. Dalam menyebarkan agama islam di Tanah Jawa, Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunungjati tidak bekerja sendirian, beliau sering ikut bermusyawarah dengan anggota wali lainnya di Masjid Demak. Bahkan disebutkan beliau juga membantu berdrinya Masjid Demak. Dari pergaulannya dengan Sultan Demak dan para Wali lainnya ini akhirnya Syarif Hidayatullah mendirikan Kesultanan Pakungwati dan ia memproklamirkan diri sebagai Raja yang pertama dengan gelar Sultan.

Dengan berdirinya Kesultanan tersebut Cirebon tidak lagi mengirim upeti kepada Pajajaran yang biasanya disalurkan lewat Kadipaten Galuh. Tindakan ini dianggap sebagai pembangkangan oleh Raja Pajajaran. Raja Pajajaran tak peduli siapa yang berdiri di balik Kesultanan Cirebon itu maka dikirimkannya pasukan prajurit pilihan yang dipimpin oleh Ki Jagabaya. Tugas mereka adalah menangkap Syarif Hidayatullah yang dianggap lancang mengangkat diri sebagai raja tandingan Pajajaran. Tapi usaha ini tidak berhasil, Ki Jagabaya dan anak buahnya malah tidak kembali ke Pajajaran, mereka masuk Islam dan menjadi pengikut Syarif Hidayayullah.

Dengan bergabungnya prajurit dan perwira pilihan ke Cirebon maka makin bertambah besarlah pengaruh Kesultanan Pakungwati. Daerah-daerah lain seperti : Surantaka, Japura, Wana Giri, Telaga dan lain-lain menyatakan diri menjadi wilayah Kasultanan Cirebon. Lebih-lebih dengan diperluasnya Pelabuhan Muara Jati, makin bertambah besarlah pengaruh Kasultanan Cirebon. Banyak pedagang besar dari negeri asing datang menjalin persahabatan. Diantaranya dari negeri Tiongkok. Salah seorang keluarga istana Cirebon kawin dengan Pembesar dari negeri Cina yang berkunjung ke Cirebon yaitu Ma Huan. Maka jalinan antara Cirebon dan negeri Cina makin erat.

Bahkan Sunan Gunungjati pernah diundang ke negeri Cina dan kawin dengan putri Kaisar Cina yang bernama Putri Ong Tien. Kaisar Cina yang pada saat itu dari dinasti Ming juga beragama Islam. Dengan perkawinan itu sang Kaisar ingin menjalin erat hubungan baik antara Cirebon dan negeri Cina, hal ini ternyata menguntungkan bangsa Cina untuk dimanfaatkan dalam dunia perdagangan.

Sesudah kawin dengan Sunan Gunungjati, Putri Ong Tien di ganti namanya menjadi Nyi Ratu Rara Semanding. Kaisar ayah Putri Ong Tien ini membekali putranya dengan harta benda yang tidak sedikit, sebagian besar barang-barang peninggalan putri Ong Tien yang dibawa dari negeri Cina itu sampai sekarang masih ada dan tersimpan di tempat yang aman. Istana dan Masjid Cirebon kemudian dihiasi dan diperluas lagi dengan motif-motif hiasan dinding dari negeri Cina. Masjid Agung Sang Ciptarasa dibangun pada tahun 1480 atas prakarsa Nyi Ratu Pakungwati atau istri Sunan Gunungjati. Dari pembangunan masjid itu melibatkan banyak pihak, diantaranya Wali Songo dan sejumlah tenaga ahli yang dikirim oleh Raden Patah. Dalam pembangunan itu Sunan Kalijaga mendapat penghormatan untuk mendirikan Soko Tatal sebagai lambang persatuan ummat.

Selesai membangun masjid, diserukan dengan membangun jalan-jalan raya yang menghubungkan Cirebon dengan daerah-daerah Kadipaten lainnya untuk memperluas pengembangan Islam di seluruh Tanah Pasundan. Prabu Siliwangi hanya bisa menahan diri atas perkembangan wilayah Cirebon yang semakin luas itu. Bahkan wilayah Pajajaran sendiri sudah semakin terhimpit.

Pada tahun 1511 Malaka diduduki oleh bangsa Portugis. Selanjutnya mereka ingin meluaskan kekuasaan ke Pulau Jawa. Pelabuhan Sunda Kelapa yang jadi incaran mereka untuk menancapkan kuku penjajahan. Demak Bintoro tahu bahaya besar yang mengancam kepulauan Nusantara. Oleh karena itu Raden Patah mengirim Adipati Unus atau Pangeran Sabrang Lor untuk menyerang Portugis di Malaka. Tapi usaha itu tak membuahkan hasil, persenjataan Portugis terlalu lengkap, dan mereka terlanjur mendirikan benteng yang kuat di Malaka.

Ketika Adipati Unus kembali ke Jawa, seorang pejuang dari Pasai (Malaka) bernama Fatahillah ikut berlayar ke Pulau Jawa. Pasai sudah tidak aman lagi bagi mubaligh seperti Fatahillah karena itu beliau ingin menyebarkan agama Islam di Tanah Jawa.

Raden Patah wafat pada tahun 1518, berkedudukannya digantikan oleh Adipati Unus atau Pangeran Sabrang Lor, baru saja beliau dinobatkan muncullah pemberontakanpemberontakan dari daerah pedalaman, didalam usaha memadamkan pemberontakan itu Pangeran Sabrang Lor meninggal dunia, gugur sebagai pejuang sahid. Pada tahun 1521 Sultan Demak di pegang oleh Raden Trenggana putra Raden Patah yang ketiga. Di dalam pemerintahan Sultan Trenggana inilah Fatahillah diangkat sebagai Panglima Perang yang akan ditugaskan mengusir Portugis di Sunda Kelapa.

Fatahillah yang pernah berpengalaman melawan Portugis di Malaka sekarang harus mengangkat senjata lagi. Dari Demak mula-mula pasukan yang dipimpinnya menuju Cirebon. Pasukan gabungan Demak Cirebon itu kemudian menuju Sunda Kelapa yang sudah dijarah Portugis atas bantuan Pajajaran.

Mengapa Pajajaran membantu Portugis ? Karena Pajajaran merasa iri dan dendam pada perkembangan wilayah Cirebon yang semakin luas, ketika Portugis menjanjikan bersedia membantu merebut wilayah Pajajaran yang dikuasai Cirebon maka Raja Pajajaran menyetujuinya.

Mengapa Pasukan gabungan Demak-Cirebon itu tidak dipimpin oleh Sunan Gunungjati ? Karena Sunan Gunungjati tahu dia harus berperang melawan kakeknya sendiri, maka diperintahkannya Fatahillah memimpin serbuan itu. Pengalaman adalah guru yang terbaik, dari pengalamannya bertempur di Malaka, tahulah Fatahillah titik-titik lemah tentara dan siasat Portugis. Itu sebabnya dia dapat memberi komando dengan tepat dan setiap serangan Demak-Cirebon selalu membawa hasil gemilang.

Akhirnya Portugis dan Pajajaran kalah, Portugis kembali ke Malaka, sedangkan Pajajaran cerai berai tak menentu arahnya. Selanjutnya Fatahillah ditugaskan mengamankan Banten dari gangguan para pemberontak yaitu sisa-sisa pasukan Pajajaran. Usaha ini tidak menemui kesulitan karena Fatahillah dibantu putra Sunan Gunungjati yang bernama Pangeran Sebakingking. Di kemudian hari Pangeran Sebakingking ini menjadi penguasa Banten dengan gelar Pangeran Hasanuddin.

Fatahillah kemudian diangkat segenap Adipati di Sunda Kelapa. Dan merubah nama Sunda Kelapa menjadi Jayakarta, karena Sunan Gunungjati selaku Sultan Cirebon telah memanggilnya untuk meluaskan daerah Cirebon agar Islam lebih merata di Jawa Barat. Berturut-turut Fatahillah dapat menaklukkan daerah TALAGA sebuah negara kecil yang dikuasai raja Budha bernama Prabu Pacukuman. Kemudian kerajaan Galuh yang hendak meneruskan kebesaran Pajajaran lama. Raja Galuh ini bernama Prabu Cakraningrat dengan senopatinya yang terkenal yaitu Aria Kiban. Tapi Galuh tak dapat membendung kekuatan Cirebon, akhirnya raja dan senopatinya tewas dalam peperangan itu.

Kemenangan demi kemenangan berhasil diraih Fatahillah. Akhirnya Sunan Gunungjati memanggil ulama dari Pasai itu ke Cirebon. Sunan Gunungjati menjodohkan Fatahillah dengan Ratu Wulung Ayu. Sementara kedudukan Fatahillah selaku Adipati Jayakarta kemudian diserahkan kepada Ki Bagus Angke. Ketika usia Sunan Gunungjati sudah semakin tua, beliau mengangkat putranya yaitu Pangeran Muhammad Arifin sebagai Sultan Cirebon ke dua dengan gelar Pangeran Pasara Pasarean. Fatahillah yang di Cirebon sering disebut Tubagus atau Kyai Bagus Pasai diangkat menjadi penasehat sang Sultan.
Sunan Gunungjati lebih memusatkan diri pada penyiaran dakwah Islam di Gunungjati atau Pesantren Pasambangan. Namun lima tahun sejak pengangkatannya mendadak Pangeran Muhammad Arifin meninggal dunia mendahului ayahandanya. Kedudukan Sultan kemudian diberikan kepada Pangeran Sebakingking yang bergelar sultan Maulana Hasanuddin, dengan kedudukannya di Banten. Sedang Cirebon walaupun masih tetap digunakan sebagai kesultanan tapi Sultannya hanya bergelar Adipati. Yaitu Adipati Carbon I. Adpati Carbon I ini adalah menantu Fatahillah yang diangkat sebagai Sultan Cirebon oleh Sunan Gunungjati.
Adapun nama aslinya Adipati Carbon adalah Aria Kamuning.
Sunan Gunungjati wafat pada tahun 1568, dalam usia 120 tahun. Bersama ibunya, dan pangeran Carkrabuasa beliau dimakamkan di gunung Sembung. Dua tahun kemudian wafat pula Kyai Bagus Pasai, Fatahillah dimakamkan ditempat yang sama, makam kedua tokoh itu berdampingan, tanpa diperantarai apapun juga.


Sumber :  http://islami-nazril.blogspot.com/p/sejarah-sunan-gunung-jati.html

TULISAN (softskill) : Perkembangan industri hiburan di Korea

Perkembangan industri hiburan di Korea saat ini sudah sangat maju dan berkembang. Terbukti dari gelombang Korean Wave yang saat ini terus tersebar ke seluruh dunia. Akibatnya negara Korea semakin di kenal di dunia. Budaya, pakaian, makanan, dan apa saja tentang Korea cepat sekali menjadi trend yang sangat di gemari di dunia. 

Salah satu pengaruh penting dari Korean Wave adalah melalui Drama Korea. Jauh sebelum fashion dan musik, Drama Korea telah berhasil mengambil hati banyak orang di dunia. Drama Korea telah berhasi lebih dahulu mendunia baik di Asia maupun di Amerika. Di mulai dari para imigran Korea di berbagai belahan dunia yang biasa menonton drama Korea di televisi untuk membantu mereka untuk terhubung dengan budaya dan tradisinegara mereka sendiri.

Drama Korea banyak di buat dalam format film seri pendek yang sebagian besar ditayangkan hanya selama beberapa minggu. Drama Korea dalah kisah pendek yang orang dapat menonton selama dua sampai tiga jam saja dalam sehari.Gadis-gadis Korea yang tampil sebagai pemeran wanita di dalam drama Korea telah banyak mendapat pengakuan besar di dunia karena popularitas-nya melalui drama yang dibintanginya. Para artis televisi Korea adalah mereka para profesional berbakat yang mampu menampilkan potensi mereka untuk bermain dalam sejumlah tema dan kategori drama yang banyak digemari di dunia.

Drama televisi Korea banyak didasarkan pada cerita romantis, fakta sejarah yang menggambarkan kisah-kisah nyata dari masa lalu, thriller, drama keluarga, dan komedi, serta drama yang menggabungkan dari satu atau lebih kategori.Telah banyak aktor dan aktris Korea yang telah mampu menarik dan mengambil hati orang-orang di seluruh dunia. Dengan bakat yang baik serta penampilan yang menawan, para artis Korea telah mampu mengangkat perkembangan industri hiburan Korea, khususnya melalui drama dan film.



                                       

Perkembangan Industri hiburan Korea saat ini sedang membawa dirinya ke arah yang lebih bebas, dewasa dan berwawasan luas di mana orang-orang mengenali kemampuan dan bakat para seniman dan mendorong upaya mereka untuk masuk ke dalam bidang ini lebih dalam.Para artis, musisi, model, dan seniman televisi Korea saat ini sedang saling berlomba-lomba untuk mendapat pengakuan dunia.


Sumber : 
http://koreanwave.blogdetik.com/2012/12/02/perkembangan-industri-hiburan-korea-di-dunia/

TULISAN (softskill) : Cara Bermake up Ala korea

 
                Cara Bermake up Ala korea 


                  


Pada dasarnya, gaya make up Korea memiliki ciri khas  memoles wajah  untuk membuat wajah terlihat flawless seperti boneka porselen. Dan sebagai acuan dasar gaya make up korea adalah sebagai berikut;
• Menyamarkan kulit yang kurang halus menjadi sehalus porselen
• Membentuk alis yang tebal atau lurus (atau juga segitiga)
• Minimum, atau tidak banyak memakai eye shadow
• Untuk bibir, menggunakan warna natural (alam)
Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah gigi yang bersih (putih dan rapi) juga rambut yang terlihat sehat. Titik berat make up gaya korea adalah pada mata, mereka (para wanita korea) berusaha membentuk mata menjadi lebih bulat dan besar untuk itu banyak digunakan , circle lens untuk mendapatkan kesan mata besar. Dengan bantuan  double lid glue (atau lem untuk membuat kesan kesan lipatan mata)
Nah, setelah tahu dasar-dasar gaya make up Korea, yuk sama-sama kita ikuti langkah-langkahnya;
  • Untuk membuat kesan licin seperti porselen, sembunyikan kekurangan Anda
    dengan menggunakan foundation cair keseluruh bagian permukaan wajah Anda.
  • Tambahkan sedikit glitter untuk wajah Anda, jika Anda ingin terlihat lebih bersinar, gunakan warna metalik. Dan sapu secara merata kearah luar dengan kuas.
  • Kemudian konsentrasi pada alis, agar alis terlihat tebal lurus. Gunakan pensil alis warna natural dan pulaskan pada alis Anda secara merata dan berulang kali sampai Anda dapatkan ketebalan. Bentuk dengan sisir alis.
  • Gunakan eye shadow berwarna putih, untuk mencerahkan mata Anda pulaskan sebagian /1/2 saja dengan arah keluar, ratakan pada kelopak atas dan bawah.
  • Pulaskan warna hitam pada garis terdalam kelopak atas Anda, untuk kesan mata lebih lebar. gunakan sikat kecil, dan kuas yang bersih untuk meratakannya.
  • Kemudian, lentikkan (keriting) bulu mata Anda
  • Tambahkan blush on warna cerah pada kedua pipi Anda. Ambil ½ bagian atas dan pulaskan kearah atas dengan gerakan melingkar (jangan terlalu tebal)
  • Untuk sentuhan akhir, tambahkan lipstick warna natural pada bibir Anda. Berikan kesan kilap dengan lipgloss warna senada.


Sumber :  http://luthfiyahputris.blogspot.com/2013/02/cara-berpakaian-untuk-orang-gemuk_6314.html

TULISAN (softskill) : Sejarah Masakan Indonesia

                    Sejarah Masakan Indonesia


                                       







Mungkin sejarah masakan indonesia dimulai pada masa dimulainya perdagangan dunia oleh karena lokasi dan kekayaan alam yang dimiliki Indonesia. Memang Indonesia yang memiliki ribuan pulau memiliki berbagai macam suku dimana setiap suku memiliki ciri khas masakan regional, namun dengan datangnya para pedagang seperti India, China, Arab bahkan dari Eropa telah mengalami perkembangan dan terpengaruh oleh kedatangan asing tersebut.

Sebut saja masakan Sumatera misalnya telah menampilkan pengaruh Timur Tengah dan India, seperti penggunaan bumbu kari pada hidangan daging dan sayurannya.
Contoh yang lain lagi adalah seperti bakso, bakmi, lumpia, mi pangsit telah terkesan menjadi masakan Indonesia, pada hal di sana ada unsur budaya masakan China.

Beberapa jenis hidangan asli Indonesia juga kini dapat ditemukan di beberapa negara Asia. Masakan Indonesia populer seperti sate, rendang, dan sambal juga digemari di Malaysia dan Singapura. Bahan makanan berbahan dasar dari kedelai seperti variasi tahu dan tempe, juga sangat populer. Tempe dianggap sebagai penemuan asli Jawa, adaptasi lokal dari fermentasi kedelai. Jenis lainnya dari makanan fermentasi kedelai adalah oncom, mirip dengan tempe tapi menggunakan jenis jamur yang berbeda, oncom sangat populer di Jawa Barat.

Untuk bumbu-bumbu juga indonesia sangatlah kaya, terbukti kalau kita merasakan masakan padang, atau makanan makasar dan lainnya maka kita akan merasakan berbagai bumbu seperti jinten, bawang merah, bawang putih, ketumbar, pala, cabe , lengkuas, jahe, kunyit, santan, dan banyak lagi yang menjadikan masakan indonesia lebih berasa dan bisa bersaing dengan masakan dari negara lain.

Hal ini terbukti karena di negara lain pun banyak restoran masakan indonesia dan terbukti cukup laku.
Berbagai variasi makanan yang dihidangkan membuat indonesia kaya rasa, misalnya ayam bisa dimasak
berbagai macam, di opor, digoreng, dipepes, dibakar, belum bumbu lainnya, jadi tak ada habis-habisnya.

Minuman juga indonesia tak kalah dengan negara lain, misalnya cendol yang terdiri dari  santan , gula merah yang dicairkan, dan tepung beras yang dibentuk , rasanya gurih manis ditambah dingin , belum lagi yang khas es makasar yaitu pisang hijo,  yang dibuat dari pisang kepok, santan , dibalut dengan tepung beras, daun pandan dan bentuknya yang unik  yang kalau siang-siang bisa membuat kita merasa segar karena es serut dan gurihnya itu, dan banyak lagi .


Sumber :  http://jajanhalal.com/artikel/detail/186/sejarah-masakan-indonesia-



TULISAN (softskill) : Membuat Miniatur Rumah

                                    
Membuat Miniatur Rumah 
                                          

 
Rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang berfungsi sebagai pelindung diri dari cuaca (panas, dingin, hujan), hewan yang membahayakan, serta menjadi pelindung privasi diri dari konsumsi langsung oleh publik.
Pada umumnya, orang akan memperhitungkan nilai estetis (keindahan) dalam proses pembuatan rumah. Di sinilah peran dan fungsi seni dalam kehidupan manusia untuk memenuhi kebutuhan primer.

  • Bahan yang diperlukan:
  1. Styrofoam
  2. Lem styrofoam
  3. Pasir Pantai
  4. Batu aquarium
  5. Rumput – rumputan
  6. Cat styrofoam
  • Alat yang digunakan:
  1. Cutter
  2. Penggaris
  3. Kuas
  4. Gunting
  • Cara Pembuatan :
  1. Buatlah sketa terlebih dahulu, setelah itu ukur dan potong styrofoam sesuai dengan rencana.
  2. Siapkan Kurang lebih 60 x 50 cm untuk tempat peletakkan atau alas miniatur rumah. Tempelkan potongan bagian – bagian miniatur rumah menggunakan lem styrofoam.
  3. Setelah tertempel dan menjadi miniateur rumah, tempelkan miniatur rumah pada lembaran styrofoam. Lalu cat semua bagian miniatur rumah.
  4. Buatlah pohon – pohonan dan pagar dari sisa styrofoam, lalu warnai pohon dan pagar itu, serta tempel di bagian depan miniatur rumah.
  5. Tuangkan lem sedikit demi sedikit di bagian depan rumah (sesuai dengan jalan menuju pintu dan di depan pagar).
  6. Tempelkan beberapa Batu Aquarium di pinggir – pinggir sebagai batas jalan. Setelah itu taburi pasir pantai di jalur jalan dan biarkan mengering serta menempel.
  7. Hias menggunakan rumput – rumputan di sebelah batu Aquarium.





Sumber :  http://sanggarmodel.blogspot.com/2012/10/membuat-miniatur-rumah.html